Rabu, 23 Desember 2015

Tips terhindar dari bahaya kebakaran saat meninggalkan rumah


Infoproperti.com - Liburan sudah di depan mata. Jika Anda beserta keluarga sudah merencanakan untuk pergi keluar kota, akan lebih baik untuk membuat rumah tetap aman ketika ditinggal berlibur. Seperti kejadian yang pernah terjadi sebelumnya, biasanya pada saat seperti ini, tidak jarang banyak sekali masayarakat yang mengalami musibah kebakaran. Entah itu karena hubungan arus pendek listrik ataupun kelalaian penghuni. Untuk itu agar waktu berlibur Anda tidak terganggu dan terbebas dari bahaya kebakaran, yuk lakukan ini.

Matikan semua aliran listrik

Yang sering lalai dilakukan oleh para masyarakat pada umumnya ialah tidak pernah mengecek keadaan listrik apakah dalam keadaan sudah off tau belum. Sudah banyak sekali kasus kebakaran semacam ini yang terjadi di masyarakat. Apabila Anda ingin pergi berlibur dalam jangka waktu lama, salah satu hal yang musti Anda lakukan ialah matikan semua aliran listrik yang ada di rumah anda.

Melakukan instalasi listrik secara rutin

Melakukan instalasi listrik sangat diperlukan untuk mengetahui apakah listrik masih berjalan dengan baik atau kah sudah mengalami masalah. Tidak perlu melakukan instalasi setiap tahun, cukup lima tahun sekali saja. Dalam melakukan istalasi listrik pun pastikan Anda meminta bantuan kepada ahlinya.

Kompor gas

Salah satu penyebab kebakaran di rumah ialah kompor gas. Sudah sering diberikan pengetahuan apabila sebaiknya kompor gas diletakkan di ruangan yang memiliki ventilasi bagus. Ventilasi dalam sebuah rumah memanglah sangat penting. Bukan itu saja, pastikan untuk tidak meninggalkan dapur saat kompor masih menyala. Kebanyakan kasus kebakaran yang terjadi, masyarakat sering lalai tidak mematikan kompor ketika ingin meninggalkan dapur.

Stop kontak

Sudah menjadi kebiasaan para masyarakat meletakkan banyak stop dalam satu saklar yang sama. Padahal kenyataannya, kegiatan semacam ini justru dapat mudah sekali menyebabkan kebakaran. Karena dapat menimbulkan panas berlebihan pada stop kontak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar