Jumat, 11 Desember 2015

Membuat perpustakaan di rumah? Kenapa tidak!


Infoproperti.com - Bagi yang hobi membaca, memiliki sebuah perpustakaan pribadi di rumah merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan. Namun karena kurangnya ketersediaan lahan dan kreativitas dari penghuni rumah, tidak pelak hal ini memunculkan berbagai masalah untuk membuat perpustakaan pribadi tersebut. Padahal jika dilihat, ruang perpustakaan pribadi tidak perlu memiliki ruangan yang luas. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat perpustakaan pribadi di rumah.

Pencahayaan

Untuk menimbulkan kesan nyaman ketika membaca buku sangat diperlukan sebuah pencahayaan yang cukup. Tanpa adanya cahaya, aktivitas membaca buku akan sedikit terganggu. Ketika ingin membuat perpustakaan, pastikan letaknya di dekat sebuah jendela. Tidak hanya mendapat pencahayaan yang cukup, ventilasi dari jendela tersebut juga tidak akan membuat ruangan menjadi pengap.

Rak buku

Dengan banyak koleksi buku yang dimiliki, adanya sebuah rak sangat diperlukan. Ini berfungsi agar buku dapat tertata rapi dan mudah dicari. Akan tetapi ketika memilih rak buku, pastikan warna cat yang digunakan bukan warna kayu. Ini akan menimbulkan kesan monoton pada ruangan. Pilihlah warna-warna gelap atau netral. Salah satu hal lagi, pastikan tata buku sesuai dengan tipenya, seperti novel, sejarah, maupun yang lainnya. Ini akan lebih memudahkan Anda dalam mencari buku yang ingin Anda baca.

Pilih furniture yang nyaman

Karena ketika membaca buku lebih banyak dihabiskan untuk duduk. Alangkah lebih baik untuk memilih kursi maupun meja yang nyaman. Jangan sampai aktivitas membaca buku Anda menjadi terganggu akibat salah memilih furniture pada ruang perpustakaan pribadi Anda.

Manfaatkan dinding kosong


Agar ruangan tidak terasa sesak dan semua buku dapat tertata rapi, Anda dapat memanfaatkan dinding untuk meletakkan koleksi buku Anda. Berikanlah rak kecil yang menempel pada dinding Anda. Tidak hanya dapat Anda gunakan untuk tempat buku, rak tersebut juga dapat Anda gunakan untuk meletakkan pajangan seperti vas bunga maupun foto keluarga. Penambahan aksesoris tersebut dapat membuat ruangan semakin menarik dan tidak tampak membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar