Senin, 12 Oktober 2015

Rumah sejuk tanpa AC


Infoproperti.com- Banyaknya aktifitas yang sering kita lakukan di luar rumah, membuat kita membutuhkan satu tempat sebagai tempat istirahat untuk menghilangkan rasa lelah dan penat setelah kita melakukan aktifitas . Memiliki tempat istirahat yang nyaman serta sejuk tentu dambaan bagi semua orang . Namun apa jadinya apabila rumah yang kita gunakan sebagai tempat istirahat terasa panas? Pastinya kita membutuhkan solusi agar rumah kita bisa terasa sejuk dan nyaman bukan ? Apakah dengan menggunakan AC ? Namun, Penggunaan AC pastinya akan membutuhkan biaya lebih untuk pembayaran listrik dan maintenance AC itu sendiri.

Apabila anggaran pengeluaran di rumah kita sudah terlalu banyak, namun tetap ingin rumah kita terasa sejuk dan nyaman tanpa adanya AC. Coba simak tips berikut :
Ventilasi

Salah satu cara untuk membuat ruangan tampak sejuk dan segar tanpa menggunakan AC ialah dengan membuat ventilasi. Agar ruangan semakin sejuk, solusinya ialah dengan menghadirkan ventilasi silang dalam rumah. Dengan begitu udara akan dengan mudah untuk bergerak dari dalam ke luar ataupun sebaliknya. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa prinsip dasarnya udara akan mengalir dari tempat yang suhunya lebih rendah ke ruangan yang suhunya lebih tinggi, pastikan pada saat siang hari jendela dalam keadaan tertutup, ini berguna agar sinar matahari tidak masuk dan membuat udara di rumah semakin terasa panas.

Tumbuhan hijau

Tidak hanya berguna untuk menghasilkan oksigen, tumbuhan hijau juga dapat membuat ruangan di rumah tampak sejuk. Apabila rumah Anda memiliki lahan yang cukup untuk membuat taman, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan lahan tersebut untuk menanam beberapa tumbuhan. Anda juga bisa menanam beberapa tumbuhan yang tidak membutuhkan sinar matahari banyak sehingga dapat anda letakkan di dalam rumah.

Plafon

Cara termudah dan tanpa perlu membutuhkan banyak biaya ialah menggunakan plafon, pastikan plafon di rumah Anda diletakkan ditempat yang tinggi. Tidak hanya akan membuat ruangan di rumah tampak terang dan tidak sumpek, plafon yang tinggi juga dapat membuat ruangan tampak lebih dingin.

Lubang Angin

Atap rumah memiliki peranan penting untuk membuat ruangan tampak sejuk. Cobalah untuk membuat beberapa lubang di atap rumah Anda. Hadirnya lubang ini akan membuat angin lebih mudah masuk ke dalam ruangan. Tidak perlu membuat lubang terlalu lebar, yang penting udara di luar bisa masuk ke dalam rumah. Namun pastikan kondisi atap. Apabila atap Anda tidak memungkinkan untuk dibuat lubang angin, lebih baik anda gunakan cara lain saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar