Selasa, 20 Oktober 2015

Pilih Rumah atau Apartemen??


Infoproperti.comKetika berniat ingin berinvestasi dan membeli sebuah hunian, tentunya banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya ialah dalam memilih jenis investasi apa yang diinginkan. Entah itu rumah ataupun apartemen. Memilih kedua investasi ini, bisa dibilang memang memiliki keuntungan tersendiri. Mengingat harga jual bangunan tersebut semakin lama akan semakin mahal. Untuk itu sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau apartemen, alangkah baiknya untuk memperhatikan beberapa hal dibawah ini.


Rumah

Bagi kebanyakan warga Indonesia memang pada dasarnya lebih tertarik untuk membeli sebuah rumah daripada apartemen. Mengingat dengan membeli rumah kita dapat membuat sendiri seperti apa model hunian yang kita inginkan entah itu berbentuk vertical ataupun horizontal. Selain itu lahan yang masih tersisa dari pembangunan rumah juga dapat kita gunakan untuk membuat taman atau yang lainnya. Dengan membeli rumah kita juga akan mendapatkan sertifikat resmi atau legal bukan hanya mendapat sertifikat HGB ( Hak Guna Bangunan). Bukan hanya itu, dengan memilih rumah sebagai tempat tinggal, juga akan lebih memudahkan sang penghuni berinteraksi dengan lingkungan sekitar perumahan. Sirkulasi udara dari rumah juga sangat baik, karena banyak sekali tumbuhan hijau disekitar rumah.

Jika berbicara mengenai keuntungan, pasti juga akan ada kekurangannya. Begitu pula ketika membeli rumah ini. Kekurangannya yakni biaya maintenance-nya sangat banyak, baik itu biaya listrik, telepon, air, pajak bumi, bangunan dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, ternyata nilai jual dari bangunan mengalami penyusutan per tahunnya. Namun tidak untuk tanahnya.

Apartemen

Lain rumah lain apartemen. Di apartemen ini sendiri ada beberapa keuntungan yang tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak sekali elemen masyarakat terlebih lagi yang tinggal di sebuah perkotaan besar, seperti halnya Jakarta. Karena kebanyakan dari bangunan apartemen ini biasanya didirikan di dekat dengan perkantoran, sekolah dan juga tempat-tempat fasilitas umum lainnya. Tidak hanya itu dengan tinggal di apartemen, keamanan dan juga privasi dari pemilik sangat terjaga. Mengingat di apartemen di sediakan cctv selama 24 jam, untuk itu ketika berada di apartemen tidak perlu merasa khawatir dengan tindakan kejahatan yang dapat terjadi kapan saja.

Namun dibalik keuntungan yang ditawarkan tersebut, ternyata di apartemen ini memiliki banyak sekali kekurangan. Mengingat bangunan apartemen ialah vertical tentunya sudah dapat dipastikan jika ruang yang ada sangat sempit dan juga terbatas. Disini pula lah tidak banyak orang yang melakukan interaksi dengan sesama penghuni apartemen. Tentunya semua itu dapat membuat hubungan antara penghuni satu dengan yang lainnya tidak terjalin dengan baik. Tidak hanya itu penghuni pun juga hanya mendapat sertifikat HGB yang berlaku selama 20 tahun. Untuk itu jika masa berlaku sudah habis diperlukan perpanjagan kontrak. Ketika seseorang memutuskan tinggal di sebuah apartemen, tentunya juga harus siap dengan segala peraturan dan kebijakan yang dibuat oleh pengembang. Karena berada di tempat seperti apartemen para penghuni dituntut untuk saling menjaga kebisingan satu sama lain. Mengingat ruangannya yang sangat berdekatan antara dinding satu dan yang lainnya. Satu lagi kekurangan tinggal di apartemen ialah nilai investasi apartemen sangat rendah jika dibandingkan dengan rumah. Dan juga para penghuni tidak bisa sebebas ketika tinggal di rumah sendiri.

Melihat beberapa keuntungan dari rumah dan apartemen tersebut, sudah dapat disimpulkan jika akan lebih menguntungkan jika berinvestasi dan membeli sebuah rumah dibanding apartemen. Akan tetapi, jika hanya ingin mencari tempat tinggal yang dekat dengan tempat bekerja, apartemen merupakan salah satu pilihan yang tepat. Tidak hanya bisa menghemat waktu di jalan ketika pulang dan berangkat kerja. Tinggal di apartemen juga tidak diperlukan berbagai perawatan, karena telah ada petugas yang bertugas untuk memperbaiki dan merawat hunian tersebut. Mengingat kebanyakan orang yang tinggal di apartemen merupakan orang-orang sibuk, maka dari itu sangat menguntungkan ketika ada yang bertugas merawat hunian. Karena pemilik hanya perlu membayar sejumlah dana per bulan untuk perbaikan tersebut. Akan tetapi dana yang harus dipersiapkan harus dalam jumlah yang besar, pasalnya semua itu digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, telepon dan perbaikan lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar