Minggu, 01 November 2015

Langkah mudah merawat tanaman saat musim kemarau


Infoproperti.com - Saat ini musim di indonesia sedang sulit diprediksi, jika biasanya oktober telah memasuki musim penghujan, saat ini masih saja mengalami kemarau berkepanjangan. Akibat kemarau berkepanjangan ini, banyak tanaman yang mati dan juga kering. Tidak terkecuali tanaman di halaman rumah. Lalu bagaimana solusi untuk merawat tanaman di musim kemarau seperti saat ini?

Waktu penyiraman

Kebanyakan orang lebih memilih menyiram tanaman pada saat siang hari, akan tetapi tahukah Anda apabila itu merupakan kegiatan yang salah. Mengapa? Pasalnya menyiram pada saat cuaca terik dapat membuat air cepat menguap, dimana akan membuat tanaman menjadi cepat mati. Perlu Anda tau, waktu tepat untuk menyiram tanaman ialah pagi hari sekitar pukul 6-8 pagi. Menyiram pada pagi hari dapat membuat tanaman lebih mudah menghadapi panas matahari saat matahari terik.

Hindari menggunakan pupuk pestisida

Pupuk pestisida sifatnya sangat panas, menggunakannya di saat musim kemarau seperti saat ini merupakan kegiatan yang salah. Akan lebih baik untuk menggunakan pupuk kompos pada tanaman anda, selain mudah di dapat, pupuk kompos juga terbilang lebih baik untuk tanaman.

Media tanam

Apabila Anda sering menanam tumbuhan di pot ukuran kecil, akan lebih baik mulai sekarang memindahkannya ke pot yang lebih besar. Pot kecil akan lebih memudahkan tanaman cepat panas dan kering. Jika Anda menanam di tanah, akan lebih baik untuk menambahkan rumput atau jerami di sekitar tanaman, ini untuk menghindari air lebih cepat menguap.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar