Selasa, 10 November 2015

Syarat sebelum membuat loteng di rumah


Infoproperti.com - Akibat keterbatasan lahan, memanfaatkan loteng untuk membuat ruangan tambahan merupakan salah satu pilihan yang tepat. Daripada loteng di rumah terbengkalai, tidak ada salahnya bukan memanfaatkan untuk dijadikan ruang santai atau pun kamar tidur? Namun sebelum membuat loteng di rumah Anda, alangkah baiknya untuk memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Ketinggian

Karena letaknya tepat di bawah atap, tentu ruangan ini sangat kecil dan juga sempit. Perlu di ingat tidak semua loteng di rumah dapat di jadikan sebuah ruangan. Setidaknya loteng memiliki tinggi sekitar 2 meter. Karena masyarakat Asia cenderung bertubuh mungil, tinggi tersebut sudah dapat membuat para penghuni dapat berdiri tegap tanpa perlu menunduk.

Akses masuk

Apabila tinggi loteng sudah terpenuhi, yang harus Anda pikirkan ialah akses menuju ke loteng. paling tidak ada sebuah tangga yang dapat Anda gunakan untuk menuju ke ruangan di bawah atap tersebut. Apabila penggunaan tangga sudah tidak memungkinkan, tidak ada salahnya menggunakan tangga lipat. Dengan begitu tidak perlu membutukan banyak lahan.

Sirkulasi

Berada di daerah tropis tidak bisa dipisahkan dengan panas matahari. Agar loteng tidak terasa panas dan pengap, sangat penting adanya sebuah sirkulasi udara yang baik. Anda dapat membuat lubang angina dan juga jendela di dalam ruangan. Lebih baik membuat banyak jendela, daripada membuat satu jendela dalam ukuran besar.

Kontruksi bangunan

Peran paling penting ketika ingin membuat ruangan di loteng ialah kekuatan bangunan di sekitar atap. Pastikan loteng dapat menahan beban dari furniture dan tubuh dari penghuni. Jangan sampai karena keteledoran, hal ini akan membahayakan keselamatan dari keluarga Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar