Kamis, 24 September 2015

Tips tinggal di daerah rawan banjir


Infoproperti.com - Tinggal di daerah jakarta tidak bisa dilepaskan dari yang namanya banjir. Bahkan banjir ini selalu menggenangi wilayah jakarta setiap tahunnya. Lalu bagaimana apabila anda tinggal di daerah yang rawan banjir. Berikut solusi mudah untuk Anda.

Buat rumah lebih tinggi dari jalan

Untuk menghindari air masuk ke dalam rumah, salah satu cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan membuat pondasi rumah lebih tinggi dari pada jalan raya. Dengan begitu ketika banjir melanda Anda tidak perlu merasa khawatir rumah tergenang air.

Perbanyak sumur resapan (Biopori)

Biopori ialah suatu metode resapan air yang ditujukan untuk meningkatkan daya resap air pada tanah. Dengan adanya biopori dapat memperluas bidang penyerapan air dan juga meningkatkan kesehatan tanah. Terkadang air banjir yang menggenang sulit surut dikarenakan penyerapan airnya sangat pelan, maka dari itu dengan adanya biopori ini dapat membuat resapan air banjir lebih lancar.

Letakkan aliran listrik lebih tinggi

Jika biasanya anda suka meletakkan stop kontak atau aliran listrik di tempat yang rendah, bagi anda yang tinggal di daerah yang rawan banjir, sebaiknya untuk menghindari hal berikut. Akan lebih baik untuk meletakan sumber aliran listrik serta stop kontak di tempat lebih tinggi. Ini untuk antisipasi agar tidak adanya masalah tersengat aliran listrik dan juga konslet ketika banjir melanda.

Hindari menaruh banyak barang di lantai bawah

Karena Anda tinggal di daerah rawan banjir, sangat tidak tepat meletakkan terlalu banyak barang di lantai dasar rumah. Mengapa demikian? Karena apabila anda terlalu banyak meletakkan barang di lantai dasar rumah, ini akan semakin menyulitkan anda ketika memindahkan barang saat banjir melanda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar