Kamis, 24 September 2015

Tips mendesain rumah di daerah tropis




Infoproperti.com - Dalam sebuah rumah, bisa dikatakan sempurna apabila penghuni dapat merasa nyaman dan juga betah saat berada di dalam rumah. Ada banyak faktor untuk menciptakan suasana nyaman di rumah. Karena kita tinggal di negara dengan iklim tropis yang notabennya hanya memiliki 2 musim, yaitu panas dan dingin. Penting sekali untuk memperhatikan desain rumah, agar tetap nyaman ketika terjadi pergantian musim.


Letak rumah


Dalam sebuah rumah, letak memiliki peranan penting. Tidak hanya dekat dengan akses transportasi, rumah sakit, perkantoran dan fasilitas umum lainnya. Posisi rumah juga sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan penghuninya. Untuk rumah di daerah tropis, sangat dianjurkan sekali untuk membangun rumah dengan panjang menghadap utara dan selatan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi paparan sinar matahari ke bangunan rumah. Sehingga ketika musim kemarau datang, rumah tidak terasa panas.

Ventilasi

Saat cuaca sedang terik, penggunaan AC merupakan salah satu pilihan yang sering digunakan. Akan tetapi semakin panas udara diluar, semakin berat kerja ac dalam ruangan. Maka dari itu diperlukan ventilasi yang baik agar udara tidak panas dan juga pengap. Untuk rumah tropis, sebaiknya menggunakan ventilasi silang. Ventilasi jenis ini akan lebih memudahkan pertukaran udara dari luar ke dalam, begitu pun sebaliknya.

Kualitas bangunan


Keawetan sebuah bangunan dapat dilihat dari kualitas material yang digunakan dalam pembangunan rumah. Dalam memilih material bangunan, pastikan bahan tidak mudah berjamur atau pun rusak. Pilihlah material yang tahan terhadap cuaca panas dan lembab seperti di daerah tropis ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar