Senin, 28 September 2015

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah


Infoproperti.comKebutuhan akan tempat tinggal memang tidak pernah berkurang, bahkan semakin lama semakin banyak saja peminatnya. Karena hal tersebut lah, tidak heran apabila saat ini pemerintah tengah menggalakan program satu juta rumah untuk masyarakat berpenghasilan menengah kebawah. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah, yuk simak tips berikut ini.

Lokasi

Dalam membeli sebuah rumah maupun properti lainnya yang harus diperhatikan pertama kali ialah lokasi dari property itu sendiri. Apakah mudah diakses dan dekat dengan fasilitas umum atau tidak. Hal ini sangat penting untuk kedepannya. Biasanya rumah yang dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, kantor, rumah sakit, pusat perbelanjaan maupun tempat wisata, akan memiliki nilai jual yang tinggi dan juga banyak peminatnya.

Konsep rumah

Sebelum membeli rumah, pastikan terlebih dahulu, akan dibuat apa rumah tersebut, apakah untuk tempat tinggal, investasi atau untuk toko atau perkantoran. Lihatlah konsep selama lima tahun mendatang, hal ini agar Anda tidak merasa rugi membeli rumah tersebut. Dengan konsep tersebut, Anda akan lebih mudah mencari lokasi dan desain dari rumah itu sendiri, tentunya tempat tinggal dan juga perkantoran memiliki desain yang berbeda bukan?

Waktu pembelian

Jika Anda ingin membeli dengan uang sedikit namun mendapatkan keuntungan yang besar, pastikan Anda membeli rumah saat kondisi pasar sedang terpuruk. Terlebih pada saat sekarang ini. Manfaatkanlah momen seperti ini untuk membeli hunian yang Anda impikan. Karena biasanya harga rumah terbilang lebih murah pada saat kondisi pasar sedang terpuruk.

Kelengkapan dokumen

Meskipun keadaan pasar sedang melemah dan terpuruk, bukan berarti Anda lalai tanpa harus memperhatikan kelengkapan dokumen dari hunian tersebut, pastikan dokumen seperti IMB, hak kepemilikan bangunan dari rumah yang Anda beli tersebut sudah lengkap.

Developer atau pengembang

Apabila Anda ingin membeli rumah lewat developer atau pengembang. Pastikan terlebih dahulu rekam jejak dari pengembang, apakah mempunyai reputasi yang bagus atau tidak, lihatlah penilaian dari para konsumennya jika mereka merasa pelayanan yang diberikan bagus, berarti Anda memang memilih developer yang tepat.

Selamat berinvestasi properti!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar