Senin, 21 September 2015

Mulai saat ini TKI dapat mengajukan KPR di Indonesia


Infoproperti.com - Kpr merupakan salah satu fasilitas perbankan yang bertujuan untuk memudahkan para masyarakat ketika ingin membeli rumah. Akan tetapi kenyataannya tidak semua masyarakat dapat menikmati fasilitas perbankan berikut ini, salah satunya ialah tenaga kerja Indonesia yang sedang bekerja di luar negeri. Tentu ini sangat disayangkan bagi para tenaga kerja Indonesia. Bagaimana tidak dengan gaji yang di atas rata-rata mereka masih mengalami penolakan saat ingin mengajukan kpr. Hal ini tidak lain karena syarat pihak perbankan di Indonesia semakin ketat. Penolakan tersebut lantaran para TKI tidak berdomisili di Indonesia, selain itu perusahaan dimana mereka bekerja tidak memiliki cabang di Indonesia. Karena itulah para TKI kesulitan saat ingin mengajukan kpr di Indonesia. 

Akan tetapi sepertinya hal itu tidak berlaku lagi, pasalnya saat ini pihak bank BTN memberi kesempatan bagi para TKI untuk memiliki rumah dengan sistem kpr di Indonesia. Seperti di kutip dari situs housing-estate.comPemberian kpr untuk para pekerja luar negeri itu sendiri bermula saat Direktur utama Bank BTN, Maryono, berkunjung ke Seoul, Korea Selatan dan memperkenalkan fasilitas kpr BTN kepada TKI di Seoul. Pihaknya berpendapat, dengan penyaluran kpr bagi para tki ini akan membuat program satu juta rumah yang sedang digalakkan pemerintah dapat segera terlaksana. Rencananya tidak hanya TKI yang berada di Korea Selatan saja yang bisa menikmati fasilitas tersebut, namun juga pekerja di negara lain. 

Berbeda dengan kpr pada umumnya yang dapat diambil dengan tempo waktu selama 15 – 20 tahun, ini tidak berlaku bagi para TKI yang ingin membeli rumah dengan mengajukan kpr. Syarat bagi para TKI yang ingin mengajukan kpr di Indonesia ialah memiliki surat kontrak kerja dari perusahaan serta keterangan penghasilan. Maksimum nilai pinjaman yang bisa di dapat pun sebesar 250jt dengan angsuran sebesar 40% dari penghasilan bersih. Dengan waktu pelunasan berdasarkan kontrak kerja TKI tersebut. Maksimal ialah 5 tahun dengan masa bunga fixed 10%.


Selamat berinvestasi properti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar