Senin, 21 September 2015

Menciptakan balkon yang aman untuk balita


Infoproperti.com - Memiliki rumah yang aman dan nyaman merupakan dambaan setiap keluarga terlebih bagi mereka yang masih memiliki balita. Tentu keamanan rumah sangat lah dibutuhkan. Ada banyak sudut rumah yang sangat rawan terhadap para balita dan anak-anak, yaitu tangga, kamar mandi dan juga balkon. Oleh karena itu sangat penting sekali mendesain rumah dan balkon yang aman dan ramah bagi para anak kecil.

Anak-anak yang sedang belajar berjalan biasanya akan lebih aktif mengunjungi beberapa tempat yang rawan, salah satunya ialah balkon. Ketika mendesain balkon yang ramah terhadap anak-anak, pastikan ketinggian dari balkon lebih dari 80 cm sedangkan untuk jarak antara besi pastikan tidak kurang dari 12cm. Ini berguna untuk membuat bayi tidak dapat memanjat dan juga tersangkut di besi balkon. Sudah banyak sekali kasus dimana anak-anak terjepit jarak antara besi balkon. Untuk itu penting sekali mendesain balkon yang ramah anak. untuk membuat balkon yang ramah anak, Anda juga dapat menambahkan pintu pembatas di balkon. Sehingga ketika anak ingin berjalan keluar menuju balkon, akan tertahan dengan adanya pintu tersebut.

Letak balkon yang berada di lantai atas rumah, perlu untuk memperhatikan kekuatan dari struktur balkon itu sendiri, pastikan pula di bawah balkon tidak berupa bebatuan namun ialah daerah rumput atau kolam renang, hal ini untuk menghindari adanya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap anak-anak.

Tambahan tanaman juga dapat membuat anak merasa aman ketika berada di balkon, berikan beberapa tanaman di dalam pot disekitar pinggiran balkon, ini berguna agar anak tidak mencapai daerah pinggir balkon yang notabene sangat berbahaya bagi anak balita. Tanaman ini dapat menghalang sang anak ketika ingin mencapai pinggir balkon.


Perlu diingat, melakukan pengawasan terhadap anak paling penting dilakukan. Terlebih bagi anda yang memiliki anak balita yang baru belajar berjalan, pengawasan ekstra sangat perlu ditingkatkan. Karena anak-anak pada usia tersebut belum mengetahui mana yang harus di hindari dan tidak, maka dari itu peran anda sebagai orang tua sangat dibutuhkan dalam hal ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar